Home » Cara Transfer Gopay ke Dana 2022 Mudah Pasti Berhasil

Cara Transfer Gopay ke Dana 2022 Mudah Pasti Berhasil

Cara Transfer GoPay ke Dana – Metode pembayaran cashless alias tanpa uang tunai semakin hari semakin populer saja. Terbukti saat ini sudah ada banyak sekali merchant atau layanan lain yang mendukung metode pembayaran tanpa uang cash alias cashless.

Hal tersebut bisa terjadi karena tidak lepas dari kehadiran banyaknya metode e-wallet seperti Ovo, GoPay, Dana, Link Aja, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hadirnya e-wallet tersebut bisa dibilang menjadi solusi yang lebih mudah dan aman.

Tidak hanya itu saja, biasanya para penyedia e-wallet juga memberikan banyak sekali promosi sehingga pelanggan bisa mendapatkan keuntungan lebih saat menggunakan pembayaran lewat e-wallet. Tujuannya tak lain adalah mempopulerkan e-wallet itu sendiri.

Tapi tahukah anda bahwa ternyata kita juga bisa melakukan transfer uang dari satu jenis e-wallet ke e-wallet yang lain. Ya, pada kasus kali ini kami akan bahas secara tuntas bagaimana cara transfer saldo atau uang dari GoPay ke aplikasi Dana dengan cepat dan mudah.

Namun sebelum ke topik utama, kita perlu tahu terlebih dahulu tentang e-wallet GoPay dan Dana. GoPay sendiri merupakan salah satu e-wallet paling populer di Indonesia yang masih satu naungan dengan Gojek dan Tokopedia.

Sedangkan Dana sendiri merupakan salah satu e-wallet dari perusahaan bernama PT Elang Sejahtera Mandiri yang punya nama cukup besar dalam urusan finance. Dua jenis e-wallet ini bisa dibilang paling populer dibandingkan dengan yang lain khusus di Indonesia.

Nah, kembali ke topik utama bagaimana cara transfer uang dari GoPay ke Dana dengan metode paling mudah dan praktis. Jika anda ingin tahu bagaimana caranya, langsung saja simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Cara Transfer GoPay ke Dana

Cara Transfer

Berikut adalah tutorial lengkap bagaimana acra transfer saldo GoPay ke Dana paling mudah dan terbukti pasti berhasil di tahun 2022 ini. Silahkan simak secara seksama agar anda tidak bingung dan ketinggalan informasi.

  1. Pertama-tama pastikan anda sudah memiliki aplikasi GoPay dan Dana
  2. Pastikan anda sudah punya akun di kedua layanan e-wallet tersebut
  3. Jika sudah, langsung saja buka terlebih dahulu aplikasi Dana yang ada di HP anda
  4. Setelah itu pilih menu Isi Saldo
  5. Akan muncul beberapa menu pilihan metode pembayaran bank
  6. Pilih saja menu Bank Lainnya
  7. Jika sudah, akan muncul kode bank lengkap dengan nomor Dana anda
  8. Klik tombol Salin Kode untuk menyalin nomor rekening Dana anda
  9. Langkah berikutnya silahkan anda buka aplikasi GoPay
  10. Setelah itu langsung pilih menu Bayar
  11. Pada menu Bayar dan Kirim, silahkan klik menu Rekening Bank
  12. Setelah itu pilih Rekening Baru untuk pembayaran instan
  13. Jika sudah, pilih Permata Bank
  14. Masukkan nomor rekening Dana anda yang sudah disalin sebelumnya
  15. Setelah itu akan muncul konfirmasi Top Up Dana lengkap beserta identitas
  16. Langkah berikutnya anda akan diminta untuk mengisi nominal transfer
  17. Isi nominal transfer sesuai kebutuhan
  18. Setelah itu cek kembali rincian pembayarannya dan pastikan sudah benar
  19. Jika sudah benar, langsung klik konfirmasi
  20. Masukkan kode PIN GoPay anda
  21. Dan pembayaran anda langsung segera diproses

Tidak perlu menunggu lama, maka saldo GoPay anda akan langsung masuk ke saldo Dana dengan catatan saldo Gopay anda mencukupi dan data transfer anda benar. Apabila terjadi kendala, langsung saja hubungi CS GoPay untuk mendapatkan solusi penyelesaiannya.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Cara ini merupakan cara umum yang banyak dilakukan oleh para pengguna e-wallet untuk memindahkan saldo mereka dari e-wallet satu ke e-wallet yang lain. Tak hanya berlaku untuk GoPay dan Dana saja, cara ini bisa juga dilakukan untuk e-wallet yang lain.

Syarat Ketentuan Transfer GoPay ke Dana

Syarat Transfer

Sebelum melakukan transfer saldo GoPay ke Dana, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan. Berikut akan kami bagikan info mengenai beberapa syarat dan ketentuan transfer GoPay ke Dana.

Aplikasi yang Dibutuhkan

Untuk bisa transfer GoPay ke Dana atau sebaliknya, tentu kita harus memiliki dua aplikasi yakni GoPay dan Dana yang sudah diinstal ke dalam smartphone. Pastikan pula versi aplikasi yang anda gunakan sudah paling baru atau sudah terupdate.

Butuh Akun GoPay Plus

Karena pada kasus ini kita mentransfer saldo dari GoPay ke Dana, maka akun GoPay yang anda gunakan harus sudah dalam keadaan terupgrade alias GoPay Plus. Jika belum, anda perlu mengupgradenya terlebih dahulu melalui beberapa proses verifikasi.

Sebaliknya jika anda ingin mentransfer uang dari Dana ke GoPay, maka anda harus mengupgrade akun Dana terlebih dahulu ke akun premium.

Lakukan Pengecekan Ulang

Untuk menghindari gagal atau kesalahan transfer, pastikan anda sudah mengecek ulang beberapa kali sebelum melakukan konfirmasi. Pengecekan yang biasa dilakukan adalah nomor rekening tujuan transfer, nama penerima transfer, dan nominal uang yang anda transfer. Pastikan tidak ada kesalahan.

Internet yang Stabil

Sebelum melakukan transfer saldo dari GoPay ke Dana atau sebaliknya, pastikan dulu koneksi internet anda stabil dan tidak ada gangguan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari gagal atau pending transfer.

Pastikan Saldo Mencukupi

Sebelum melakukan transfer uang atau saldo, pastikan juga saldo atau uang yang ada di e-wallet GoPay anda mencukupi. Karena jika tidak cukup maka proses transaksi akan gagal. Jadi cek terlebih dahulu, dan apabila tidak cukup silahkan lakukan top up.

Biaya Transfer GoPay ke Dana

Biaya Transfer

Banyak pula pengguna e-wallet yang bertanya, sebenarnya berapa biaya transfer saldo khusus untuk GoPay ke Dana? Berdasarkan ketentuan yang ada, setiap transfer yang dilakukan dari saldo GoPay akan dikenakan biaya sebesar 2.500 rupiah.

Biaya tersebut berlaku untuk semua jumlah nominal yang ditransfer baik besar maupun kecil. Jadi tidak peduli berapa jumlah uang atau saldo yang anda transfer, maka biayanya tetap 2.500 rupiah saja. Ekonomis sekali bukan?

Jumlah Minimal Transfer

Minimal transfer

Selain biaya admin, anda juga perlu tahu jumlah minimal transfer yang bisa dilakukan melalui GoPay ke Dana. Berdasarkan info yang kami dapat bahwa jumlah minimal transfer saldo dari GoPay ke Dana adalah sebesar 10.000 rupiah.

Jadi untuk bisa transfer, anda harus memiliki saldo minimal sebesar 12.500 rupiah dengan rincian 10.000 yang ditransfer, dan 2.500 untuk biaya admin. Jika kurang dari nominal tersebut, maka transaksi tidak akan bisa dilakukan.

Apakah Harus Punya Rekening Bank Permata?

Seperti yang sudah kami sampaikan pada tutorial sebelumnya, bahwa metode pembayaran transfer dari GoPay ke Dana adalah melalui perantara Permata Bank. Yang jadi pertanyaan, apakah kita harus memiliki rekening dari bank tersebut?

Jawabannya adalah tidak. Karena rekening Permata Bank tersebut adalah rekening yang menjadi alamat dari rekening Dana. Jadi kita tidak perlu buat akun di rekening tersebut, cukup salin nomor dari aplikasi Dana yang sudah ada dengan menambahkan beberapa digit angka di depannya.

Akhir Kata

Demikianlah tadi pembahasan yang kami rasa sudah cukup jelas mengenai cara transfer GoPay ke Dana. Semoga bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca semua, terutama yang ingin tahu bagaimana cara transfer saldo dari e-wallet satu ke jenis e-wallet yang lainnya.

Leave a Comment